Insya Allah Taala kita akan bersama dengan kitab ” Aqaidus Syiah Itsna Asyariyah – sual wal jawab ” ( Aqidah-aqidah Syiah Itsa Asyariyah – tanya jawab).

Karangan: Abdurrahman bin Saad bin Ali As-Syitsri.

Kenapa kitab ini kita pilih ?

Jawabnya: Karena di kitab ini, Syaikh Abdurrahman menyawab pertanyaannya dengan nukilan dari kitab imam2 (ulama2) syiah sendiri.

Dan Insya Allah, Admin akan memberikan catatan kaki bagi tanya jawab tersebut seperlunya, dengan simbol CatA (Catatan Admin).

Pertanyaan ke-1:

Siapakah yang disebut dengan kaum Syiah ?

Jawaban:

Salah seorang ulama syiah yang bernama Muhammad bin Muhammad bin Nu’man, yang digelar dengan Al-Mufid (413 H), berkata:

Pengikut Amirul Mukminin Ali as dengan berwala’ (loyalitas) kepadanya, dan meyakini bahwa dia adalah imam setelah Rasulullah saw (secara langsung) tanpa adanya pembatas .

Menafikkan  khalifah sebelumnya (Abu Bakar, Umar, Utsman) sebagai imam, dan meyakini bahwa dia adalah yang diikuti oleh selainnya, serta ia tidak menajadi pengikut bagi yang lain. (Awailul Maqalat fil Madzahibil Al-Mukhtarat, hal.35).

Catatan:

Kalau disebut syiah di zaman sekarang ini, maka yang dimaksud adalah syiah itsa asyariya (imam 12). Karena kebanyakan syiah yang berada di Iran, Iraq,  Suria, Libanon, Negara2 teluk dan belahan dunia lainnya adalah Syiah Itsna Asyariya, dan sebab lainnya adalah keberadaan  kitab2 syiah Itsna Asyariya yang telah tercantum di dalamnya pendapat2 kelompok syiah yang lainnya.

CatA: Orang Syiah mengingkari khilafah dari Abu Bakar, Umar dan Utsman -radiyallahu anhum-, padahal Ali radoyallalu anhu telah menjadi penasehat dan orang terdekat dari ketiga khalifah tersebut.

Dan Ali radiyallahu anhu tidak pernah mengatakan kepada salah seorang dari ketiganya, bahwa kalian telah merebut khilafah dariku.

Kalau kita lihat pada saat pemilihan khalifah setelah Umar radiyallahu anhu, saat itu yang menjadi pilihan adalah satu di antara dua orang : Utsman atau Ali ra., Ali ra. tidak berdalil bahwa khalifah dan imamah adalah hakku….

sehingga akhirnya Utsman ra. yang dipilih oleh Abdurrahman bin Auf ra. dan dibait oleh seluruh kaum muslimin, dan Ali ra. adalah orang yang berada pada urutan pertama utk membaiat Utsman ra.

Artinya; orang2 syiah mengaku2 sesuatu yang Ali ra. tidak mengaku2 akan hal itu (wajibnya imamah dan khilafah diserahkan kepadanya).

Iklan